cover
Contact Name
Fathirma'ruf
Contact Email
ainarajiepp@gmail.com
Phone
+6285253190336
Journal Mail Official
ainarajiepp@gmail.com
Editorial Address
Ainara Press, Jln. Lintas Sumbawa, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Indonesia
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
ISSN : 27757854     EISSN : 27757854     DOI : https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2
JIEPP-Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) dengan Focus & Scope pada bidang: Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil Penelitian bidang Ilmu Pendidikan.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)" : 6 Documents clear
Upaya meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) Busrial Busrial
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jiepp.v2i1.130

Abstract

Penelitian tindakan kelas tentang penerapan Model Siklus Belajar ( Learning Cycle) telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, 2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) mengetahui pendapat siswa terhadap penerapan model Siklus Belajar ( Learning Cycle)pada pembelajaran bahasa inggris. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Dompu kelas X-IPA.1 yang berjumlah 26 orang pada semester ke-1 tahun pelajaran 2017/2018. Dan objek penelitiannya adalah 1) aktivitas belajar, 2) hasil belajar siswa, dan 3) pendapat siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa model Siklus Belajar ( Learning Cycle) yang diterapkan dalam pembelajaran Baha inggris, dapat meningkatkan: 1) aktivitas belajar siswa dan 2) hasil belajar siswa, serta 3) siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran yang diterapkan. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rerata nilai, dimana pada siklus I sebesar 60,31 menjadi 66,03 pada siklus II. Keberhasilan penerapan model pembelajaran juga dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan belajar siswa, dari 53,85 % pada siklus I menjadi 73,08 % pada siklus II. Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model pembelajaran, dimana terdapat 80,41 % siswa yang menyatakan setuju, 10,71 % ragu-ragu, dan hanya 8,88 % tidak setuju dengan penerapan model siklus belajar.
Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Rizaluddin
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jiepp.v2i1.131

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBM) terhadap peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Pokok Sistem dan Permasalahan Ekonomi Semester Genap Kelas X SMA Negeri 03 Dompu Tahun Ajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik X SMA Negeri 03 Dompu Tahun Ajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka semua populasi dijadikan sampel penelitian. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Materi Pokok Sistem dan Permasalahan Ekonomi Semester Genap Kelas X SMA Negeri 03 Dompu Tahun Ajaran 2021/2022, hal ini ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari rtabel (rhitung ≥ rtabel = 0,648 ≥ 0,344) dengan tingkat kategori pengaruhnya sangat kuat.
Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Inggris melalui teknik EGRU pada siswa Kelas X SMA Negeri 2 Dompu Chrisnawati Chrisnawati
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jiepp.v2i1.132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa serta meningkatkan penguasaan pola-pola kalimat dan kosa kata dalam pembelajaran bahasa Inggris dan meningkatkan hasil belajar menulis siswa khususnya di kelas X-IPA SMA Negeri 2 Dompu semester genap tahun pelajaran 2019/2020, yang menjadi subyek penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA SMA Negeri 2 Dompu semester genap tahun pelajaran 2019/2020, sebanyak 39 orang. Sedangkan obyek penelitian meliputi: EGRU, aktivitas siswa, hasil belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penerapan EGRU. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yaitu siklus I menampilkan teks pesan pendek dengan topik “Pengumuman”, sedangkan siklus II dan III menampilkan teks descriptive dengan topik “Description of person or things”. Pada kedua siklus menggunakan model pembelajaran Literacy yang berbasis EGRU, hasil analisis data didapat nilai rata-rata tes menulis pada siklus I adalah 65,38, nilai rata-rata tes menulis pada siklus II adalah 70,83 dan pada siklus III adalah 74,84. Pada siklus I terdapat 56,41% siswa tergolong aktif dan sangat aktif, pada siklus II terdapat 97,44% siswa tergolong aktif dan sangat aktif, sedangkan pada silkus III semua siswa nampak aktif. Berdasarkan angket tanggapan siswa, dari 39 orang, 36 orang menyatakan setuju digunakan EGRU dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya menulis, Berdasarkan penelitian tindakan kelas ini, EGRU sangat berpengaruh terhadap aktivitas, keterampilan menulis dan hasil belajar menulis siswa. Karena itu diharapkan guru-guru sejenis menggunakan EGRU dengan pendekatan Literacy pada pembelajaran bahasa Inggris khususnya menulis.
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olah Raga dan Kesehatan (PJOK) Materi Permainan Bulu Tangkis melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung Sukardi Sukardi
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jiepp.v2i1.134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model lansung. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan yang di dalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa dan penilaian aspek pengetahuan siswa menggunakan tes. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Langsung dalam pembelajaran PJOK materi Buku Tangkis dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun hasil yang dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah: 1) pada aspek sikap pada siklus 1 semua anak sudah mencapai kategori baik sedangkan pada siklus 2, kategori amat baik diraih oleh 3 siswa dan kategori baik dicapai oleh 27 siswa. Jadi aspek sikap sudah mencapai tuntas pada siklus 1. 2) aspek pengetahuan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 70% dengan nilai rata-rata 75,6, sedangkan pada siklus 2 baru mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 81,17. Dan 3) aspek keterampilan, pada siklus 1 mencapai ketuntasan 73,33% dengan nilai rata-rata 77,01. Sedangkan pada siklus 2 telah mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 81,68.
Penerapan Metode Field Trip dalam Menulis Puisi Siswa Kelas X Hasan Hasan
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jiepp.v2i1.135

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan kredilibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode field trip oleh guru terhadap siswa dalam menulis puisi di luar kelas sudah berjalan dengan baik dan efektif. Efektifan field trip dilihat dari siswanya yang semangat dan fokus dan mampu melahirkan banyak imijinasi sebagai inspirasi dari lingkungan sekolah, dengan menghasilkan banyak karya puisi yang telah dibuah siswa. Beberapa tema puisi yang diangkat terinspirasi dengan apa mereka dilihat pada saat itu. Tema di atas hampir semua mencerminkan dan mengambarkan isi puisinya. Evaluasi yang diberikan bukan hanya memiliki tujuan untuk memahami dan membuat puisi secara sempurna dan totalitas. Akan tetapi, siswa mampu menyerap materi yang diajarkan oleh guru juga mampu mengahasilkan dan produksi sebuah puisi dengan memanfaatkan lingkungan yang ada sebagai sumber informasi dan pengalaman yang dapat menginderaan imijinasi untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Ilyas Ilyas
Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2022): Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP)
Publisher : ELRISPESWIL - Lembaga Riset dan Pengembangan Sumberdaya Wilayah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.54371/jiepp.v2i1.158

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan Kajian Pustaka yang mengkaji berbagai referensi terkait dengan strategi peningkatan kompetensi profesional Guru, Guru merupakan pekerjaan yang membutuhkan berbagai persyaratan profesional. Pendidikan bermutu sangat tergantung kepada guru yang bermutu pula. Sebab hanya dengan guru yang bermutu dapat menyelenggarakan tugasnya secara memadai. Tugas umum guru adalah mencerdaskan bangsa dalam arti yang seluas-luasnya, mengembangkan pribadi-pribadi manusia Indonesia seutuhnya serta membentuk ilmuwan dan tenaga ahli. Guru yang bermutu adalah guru yang memiliki syarat-syarat kepribadian dan kemampuan teknis keguruan. Tulisan ini akan membahas tentang berbagai strategi yang diperlukan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru.

Page 1 of 1 | Total Record : 6